Masih seperti postingan sebelumnya. Kali ini, admin akan menjelaskan tentang komputer lagi😄 sekarang tentang Ms. Word. Pasti, teman-teman sudah tau sebelumnya karena sering menggunakan perangkat ini dalam mengerjakan tugas dan lainnya. Namun, sudah tau apa itu Microsoft office word? Dan cara yang benar dalam menggunakannya? Nah, simak penjelasan di bawah yaa, semoga bermanfaat. Selamat membaca✨✨
Pengenalan Microsoft Word
Microsoft Word adalah system perangkat lunak pengolah kata yang di gunakan untuk membuat dokumen,skripsi,dan data-data.
1. Cara 1 Menjalankan Ms.Word adalah :
Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word
2. Cara 2 Menjalankan Ms.Word :
klik 2 kali shortcut ms.word pada tampilan dekstop
3. Cara 3 Menjalankan Ms.Word :
Klik kanan pada shortcut ms.word lalu klik open
4. Cara 4 Menjalankan Ms.Word Melalui RUN :
Klik start menu => klik program => klik accesories => klik RUN
Pada baris open ketik ms.windows (windows+winword)
Pada bagian Baris Judul, kita dapat melihat nama file yang sedang kita buka.
1. Menu
Di dalam menu, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.
2. Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya dengan memencet/klik pada tombol-tombol tersebut.
3. Membuat Dokumen Baru
Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document2. Double Click pada Blank Document
3. Document siap digunakan
Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar.
Kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl + N
Membuka file yang sudah tersimpan
a. Klik menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog open
b. Pilih file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
c. klik pada nama file
d. klik tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word
Atau kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open. Dan kita juga bisa menggunakan Ctrl+O
Menyimpan Dokumen
Segera setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.
1. jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombolSave
2. Pada layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save
Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar. Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S
Menutup File Dokumen
1. Pada jendela Microsoft word, pilih menu file klik tombol close. Maka Microsoft Word akan
menutup file dokumen yang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
Mengakhiri/Menutup jendela Microsoft Word
Sebelum mengakhiri Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Exit. Maka, jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Selain dengan menggunakan menu file, untuk menitup jendela Microsoft Word lita juga bisa mengklik tombol X yang terletak pada pokok kanan atas jendela Mivrosoft Word.
Keyboard Shortcut
Kombinasi Shorchut yang sering digunkakan pada keyboard.Seperti Beberapa Contoh Diantaranya;
CTRL+W: Menutup dokumen
CTRL + S : Menyimpan dokumen
CTRL + N: Membuat sebuah dokumen baru
CTRL + O: Membuat dokumen
CTRL + B: Membuat Cetak Tebal
CTRL + I : Membuat hurif miring
CTRL + U: Membuat huruf bergaris bawah
CTRL + V: Menempelkan teks atau objek
CTRL + Z: Membatalkan ajsi sebelumnya
CTRL + f: Mencari teks dan item-item khusus
CTRL + H: Mengganti teks,format spesifik,dan item khusus
CTRL + A: Menuju ke Page,Bookmart,Footnote,Tabel,Comment,Grafhic,atau lokasi lain.
CTRL + C: Mengurangi ukuran font per I point.
CTRL + D: Mengubah format karakter ( perintah pont,menu format )
CTRL + J: Menambah ukuran font per I point.
CTRL +C: Menyalin teks atau objek terpilih
ShIft + f3: Mengubah besar kecilnya huruf
ALT +CTRL+HOME: Melakukan penelusuran melalui sebuah dkumen
ALT +CTRL+P: Mengubah ke print Layout View
ALT +CTRL+Y: Mengulangi pecarian (setelah menutup jendela
ALT +CTRL+C: Mengembalikan dokumen setelah dI pecah
ALT +CTRL+O: Mengubah Outline View
ALT +CTRL+N: Mengubah normal View
ALT +CTRL+S : Memecah jendela dokumen
CTRL+Shift+> : Memperbesar huruf
CTRL+Shift+< : Mengurangi ukuran huruf CTRL+Shift+f :Mengubah font
CTRL+Shift+C : Mengubah ukuran font
CTRL+Shift+A : Mempormat huruf menjadi besar semua (Capital)
CTRL+DELETE : Menghapus ke kanan satu kata
CTRL+BACKSPACE: Menghapus satu kata ke kiri
BACKSPACE: ALT +Shift+C : Mengembalikan dokumen setelah dipecah
Membuat Naskah Pada Microsoft Word 2007
A. Memulai Pembuatan Naskah
1. Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
2. Aturlah Margin lembar kerja
3. Ketiklah naskah yang diinginkan
B. Setting / Mengatur Halaman Microsoft Word
1. Klik Page Layout
a. Klik Tab Margin.
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di
Custom Margin dan tentukan:
* Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
* Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
* Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
* Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
* Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
* Gutter Position : Letak gutter.
* Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
* Preview : Tampilan layar Word.
2. Paper Size
a. Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
b. Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.
C. Tata Cara Penulisan Microsoft Word 2007
Untuk pengetikan huruf besar di awal
kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
1. Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
2. Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
3. Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
4. Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
5. Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
C. Pengaturan Perataan Teks Microsoft Word
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan.
D. Membatalkan Perintah
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
E. Change Case
1. Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
2. Klik menu Home – Change Case
Daftar Pustaka
1. http://hunt27.blogspot.com/2013/05/pengenalan-microsoft-word.html?m=1
2.http://gmkedunggalar.blogspot.com/2012/09/pengenalan-microsoft-word.html?m=1
3 https://www.domainesia.com/tips/cara-membuat-blog-profesional/
3. http://www.nyekrip.com/cara-membuat-blog-di-blogspot-lengkap-gambar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar