Kamis, 21 November 2019

Pengenalan Istilah Tab, Ribbon. Dan Group dalam menyajikan Menu Tool pada Microsoft Word 2010


Assalamu'alaikum 😄
       Sebelumnya, saya sudah menjelaskan apa itu Microsoft office word. Nah sekarang saya akan lebih menjelaskan lagi bagian-bagian serta penggunaan menu yang ada di dalam Ms. Word 2010. Selamat membaca🌻🌻 semoga bermanfaat 😄

Pengenalan Microsoft Word

          Microsoft Office Word 2010 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2010 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-nemu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
       Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2010 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2010, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apakah gerangan yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
         Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2010 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Menu Bar dan Toolbar).
Microsoft Office Word 2010 dapat diaktifkan melalui menu Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Word 2010. Atau dapat dilakukan dengan men-double klik icon Microsoft Word 2010 di desktop sehingga akan tampil layar.

Gambar, Microsoft word 2010





   1. Perbedaan antara Tab, Ribbon, dan Group 
       Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah sekumpulan menu dalam setiap Tab. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

Gambar, Tab, Ribbon dan Group

  2. Mengenal Fungsi Icon Pada Ribbon Home
      Ribbon Home terdiri dari beberapa Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.
         a. Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
               Tampilan Group Clipboard
               1. Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
               2. Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
               3. Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
               4.      Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke
                        dalam dokumen lainnya.


        b. Group Font, Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk                                pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
              1. Tampilan Group Font
              2. Font  :     untuk memilih jenis huruf.
              3. Font Size  : untuk mengatur ukuran huruf
              4. Grow Font :     untuk memperbesar ukuran huruf secara instant.
              5. ShrinkShrink Font:     untuk memperkecil ukuran huruf secara instant.
              6. Change Case :     untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
              7. Bold :     untuk menebalkan teks terpilih
              8. underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih


         c. Group paragraf, terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan 
               fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph                      yaitu:
              1. Bullet:     untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih.
              2.        Numbering :     untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf                                terpilih 
              3. Decrease Indent:     untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri.
              4. Increase Indent :     untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan.
      .      5. Left-to-Right:     untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan                               (format Latin)
             6.       Right-to-Left :    untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri                              (format Arab)
              7. Sort :     untuk menyortir data
             8.        Show Paragraph Marks  :    untuk menampilkan / menyembunyikan 
                        tanda  koreksi paragraf
             9. Align Text Left :     untuk mengatur teks rata kiri
             10. Center : untuk mengatur teks rata tengah
             11. Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
             12. Justify :  untuk mengatur teks rata kanan-kiriLine
             13. Spacing  :     untuk mengatur jarak antar baris teks
             14. Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
             15. Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.


3. Mengenal Fungsi pada Ribbon Insert
       Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
        Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah:Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols.

          1. Group Pages
         Tampilan Group Pages
                a. Cover Page : Digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman                            sampul
                b.     Blank Page : Untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file                                dokumen
                 c.     Break Page : Untuk memisah suatu halaman file dokumen


         2. Group Tables
        Tampilan Group Tables
                  a. Insert Table : Untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
                  b. Draw Table : Untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di 
                        halaman  dokumen
                  c.    Convert Text to Table : Digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada 
                        dalam tabel
                  d.     Excel Spreadsheet : Untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja 
                          Excel
                 e.    Quick Table : Untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis                                dan bentuknya di dalam MS. Word 2010


         3. Group Illustrations
        Tampilan Group Illustrations
                  a.    Picture : Digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di 
                         komputer
                  b.   Clip Art : Untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di 
                         library program
                  c. Shapes :  Digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
                  d.   SmartArt : Digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk 
                        organization
                  e. Chart : Digunakan untuk menyisipkan diagram


         4. Group Links
       Tampilan Group Links
                  a.    Hyperlink : Digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan 
                         file lain
                  b.  Bookmark : Digunakan membuat penanda buku
                  c.  Cross-Reference : Digunakan untuk membuat referensi antar file


         5. Group Header and Footer
       Tampilan Group Header and Footer
                  a. Header : Digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
                  b. Footer : Digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman 
                        suatu file
                  c. Page Number  :  Digunakan untuk melakukan setting terhadap homor 
                        halaman


         6. Group Text
       Tampilan Group Tex
                 a. Text Box  : Digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan 
                        teks
                 b. Quick Parts : Digunakan untuk mengatur teks otomatis dan lain-lain
                 c. WordArt : Digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
                 d.    Drop Cap : Digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal 
                        paragraf
                 e. Signature Line : Digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
                  f. Date & Time :  Digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
                 g.    Object : Digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE 
                        (Object  linking Embedded)


          7. Group Symbols
        Tampilan Group Symbols 
                 a.   Equation : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, 
                       terutama dalam bidang matematika.
                 b. Symbol :  digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.


4. Mengenal Gungsi Icon pada Ribbon Page Layout 
      Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tata letak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, dan Arrange. 

          1. Group Themes
         Tampilan Group Themes
                a. Themes : Digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna 
                        halaman berikut warna hurufnya.
                b. Color : Digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
                c. Fonts : Digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke 
                        halaman dokumen aktif.
               d. Effect : Digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape 
                        yang  terdapat di halaman dokumen.


        2.    Group Page Setup
               Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukana    pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman,                    pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan 
user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : Margins,  Orientations, Size, Columns, Breaks, Line Numbers, dan hypenati.

               Tampilan Group Page Setup
       a. Margins : Digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
       b. Orientation : Digunakan untuk mengatur posisi kertas.
       c. Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
      d. Columns : Digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
      e. Breaks : Digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
       f. Line Numbers : Digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
      g. Hypenation : Digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung 
                secara otomatis.


      3. Group Page Background
           Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: Watemark, Page Color, dan Page Borders.

               Tampilan Group Page Background
     a. Watermark : Digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
     b. Page Color : Digunakan untuk mengatur warna latar halaman
     c. Page borders : Digunakan untuk mengatur tepi halaman



    4.        Group Paragraf 
           Menu perintah di paragraf ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di grup ini ident dan spacing.

              Tampilan Group Page Paragraph
    a.       Indent : Digunakan untuk mengatur batas teks
    b.      Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.


    5.     Group Arrange
        Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: Posisi objek di antara teks, Posisi objek dengan objek lainnya, dan mengatur aliansi objek di halaman dokumen.

            Tampilan Group Page Arrange
    a.     Position : Digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
    b.     Wrap Text : Digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan 
            paragraf teks
    c.     Bring Forward : Digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan 
            objek lainnya
    d.      Send Backward : Digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek 
             lainnya
    e.      Selection Pane : Menampilkan panel navigasi objek
    f.      Align : Digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
    g.      Group : Digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
    h.      Rotate : Digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih



Daftar Pustaka
1.  http://gmkedunggalar.blogspot.com/2012/09/pengenalan-microsoft-word.html?m=1

2.  https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ACYBGNR0KbY8h2khq1XKwYBVmmlASirbDQ%3A1574155079487&source=hp&ei=R7PTXcCmG-jaz7sP3ZecoAE&q=pengenalan+aplikasi+word&oq=pengen&gs_l=mobile-gws-wiz-hp.1.0.35i39j0l6j0i131.55263.56527..57588...1.0..0.137.740.1j5......0....1.......8..35i362i39j46i131i275j46i131j46.dt9H0aAQtQY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOCIAL LIFE

MAHASISWA PERANTAU DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Hai, Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, ikali ini saya mau berbagi perasaan deng...